Bab. Pecahan
Selamat Pagi, Anak sholeh dan sholehah. Sehat selalu ya. Seperti
biasa lakukan dulu kegiatan mendengarkan tausiah, sholat dhuha, dan murojaah terlebih dahulu.
Tujuan pembelajaran :
1. Dengan mengamati video peserta didik dapat menentukan pecahan senilai dengan tepat
2. Dengan mengamati contoh soal peserta didik dapat mengurutkan pecahan
3. Dengan mengamati video peserta didik dapat membandingkan pecahan.
Menentukan pecahan senilai dengan menyederhanakan pecahan
Cara menentukan pecahan senilai selanjutnya yaitu dengan menyederhanakan bentuk pecahan. menyederhanakan dengan cara membagi terus menerus pecahan, sehingga tidak bisa dibagi lagi kecuali dengan angka satu.
Contoh Pembahasan Sederhanakanlah pecahan berikut ini 60/75 Penyelesaian: Proses pembagian pertama (Bilangan 60 dan 75 dibagi dengan 5) Proses pembagian kedua (Bilangan 12 dan 15 dibagi 3) |
B. Membandingkan Pecahan
Pecahan bisa dibandingkan mana yang lebih besar mana yang lebih kecil atau mengurutkannya. Berikut cara membandingkan pecahan :
1. Membandingkan pecahan yang penyebutnya sama
Contoh :
Mana yang lebih besar 1/3 atau 2/3 ?
Penjelasan sebagai berikut :
Karena penyebutnya sama (atau bilangan bawah) sama maka pembilangnya (atau bilngan atas ) yang dibandingkan
2. Membandingkan pecahan yang penyebutnya berbeda
Contoh :
Berilah tanda <,> atau = pada bilangan berikut !
Berikut video penjelasan cara membandingkan pecahan :
C. MENGURUTKAN PECAHAN
1. Mengurutkan pecahan yang penyebutnya sama
Contoh :
Urutkan pecahan berikut dari besar ke kecil : 3/8 ; 6/8 ; 5/8 ; 7/8 ; 4/8
→ mengurutkan pecahan dimana seluruh pecahan yang akan diurutkan memiliki angka penyebut (angka yang bawah) sama
Caranya…
a) Pastikan seluruh pecahan memiliki angka penyebut (angka yang bawah) yang sama.
→Pada soal mengurutkan pecahan di atas seluruh pecahan memiliki angka penyebut yang sama, yaitu “8”.
b) Perhatikan perintah soal, mengurutkan pecahan dari yang terbesar ke yang terkecil atau mengurutkan pecahan dari yang terkecil ke yang terbesar
c) Pada soal meminta untuk mengurutkan pecahan dari yang terbesar ke yang terkecil
→Kita tinggal mengurutkan angka pembilang (angka yang di atas) pada masing-masing pecahan, urutannya 7, 6, 5, 4, dan 3.
d) Maka kita dapatkan urutan pecahan dari yang terbesar ke yang terkecil adalah :
2. MENGURUTKAN PECAHAN YANG PENYEBUTNYA BERBEDA
Contoh:
Urutkanlah bilangan 3/4, 1/6, 2/3 dari urutan yang terbesar !
Jawab :
Cara :
Samakan penyebut terbih dahulu sebagai berikut :
Berikut penjelasan tentang mengurutkan pecahan pada video di bawah ini video :
Untuk mencoba sejauh mana pemahamanmu silahkan kerjakan latihan berikut !
Kirim jawaban secara japri paling lambat pukul 13.00 dan photo kegiatan ibadah dikirim di grup ! Sebelum mengirim Tugas dicek dulu pastikan sudah ditulis bismillah, hari dan tanggal serta diberi garis tutup. Kerjakan tugas dengan rapi ya nak.....
Selamat belajar, mohon bimbingan Bpk/Ibu atas keikhlsannya kami ucapkan terima kasih.
Ahmad Fauzan Sabillah kls4B hadir
BalasHapusAl Jendra Ekasapta, siap Bu
BalasHapusRania Azariandini Rahmadiono hadir bu Aini
BalasHapusNiluh andara frestya (hadir)
BalasHapusMuhammad Fatih Alkifridji Hadir Bu
BalasHapusv
v
v
vv
v
v
v
v
v
vv
vv
v
vv
v
v
v
v
v
v
v
v
v
v
v
v
v.g.g.v.v
v
v
v
v
gv.g
g.g..g.g.gv.g.v.g
gg
g
g
g
g
g
gg
vv.g..vg.v
gg
g
g
gg
g..g.gg.g..g
gg
g
g
g
g
g
g..g g.g.g.g..gg
g
g
g
g
g
.
Irfan Yusuf Mahardika
BalasHapusHadir
Zalbyan Fathir Rizki
BalasHapusHadir bu
Nadia azzharanhadir bu
BalasHapusAssalmualaikum,,,,,,,
BalasHapusMohamadReksa Aprilingga Rizqullah
(Kelas 4B) hadir bu,,,,,
Assalamualaikum bu Adiva Nafeeza hadir bu
BalasHapus