Jumat, 27 November 2020

Materi Ajar 27 November 2020

 Tema 5 Subtema 3 Pembelajaran 1,2,3

 

Assalamualaikum wr wb 

Anak-anak semuanya...bagaimana kabar kalian hari ini ?

Semoga dalam keadaan sehat dan selalu semangat menjalani pembelajaran dari rumah ya nak..

 

IPS : Sikap Kepahlawanan Pangeran di Ponegoro

Pangeran Diponegoro adalah salah satu pahlawan nasional Indonesia. Nama aslinya Bendara Pangeran Harya Dipanegara, namun sewaktu kecil ia dipanggil Bendara Raden Mas Antawirya. Ia adalah putra dari Hamengkubuwana III, penguasa Kesultanan Yogyakarta.

Pembahasan

Sebagai seorang pejuang tentu ada banyak sikap kepahlawanan dari Pangeran Diponegoro, antara lain sebagai berikut:

PATRIOTISME, yakni sifat rela dan berani berkorban atas segala yang dimiliki termasuk nyawa sekalipun demi untuk membebaskan rakyat dari kesewenang-wenangan Belanda yang menyengsarakan.

CINTA TANAH AIR, salah satu pemicu amarah Pangeran Diponegoro adalah karena Belanda sangat tidak menghargai adat istiadat setempat. Kemarahan ini memunculkan tekad untuk melawan Belanda demi tegaknya kehormatan tanah air.

PANTANG MENYERAH, meski peralatan perang Belanda lebih maju namun hal tersebut tidak membuat Pangeran Diponegoro gentar, ia tetap melanjutkan peperangan melawan Belanda dengan segenap apa yang ia miliki.

MENDAHULUKAN KEPENTINGAN UMUM. Seperti disebutkan pada awal tulisan ini bahwa Pangeran Diponegoro berasal dari keluarga kerajaan. Hidupnya tentu menyenangkan dan tidak harus sengsara seperti rakyat kecil. Namun kepentingan pribadinya ia hilangkan dan berjuang menentang Belanda untuk membela kepentingan umum, kepentingan rakyat.

BERANI MEMBELA KEBENARAN, meski nyawa taruhannya.

Dan masih banyak lagi lainnya.\


 

 

Pkn : Sikap" yang sesuai dengan Pengamalan Pancasila 

Perilaku adalah segala sesuatu yang dilakukan oleh manusia atau hewan yang dapat diamati dengan cara tertentu. Pada masa-masa sekolah adalah dimana siswa berperilaku yang beragam terhadap teman atau guru di lingkungan sekolah.

Perilaku siswa tersebut terkadang tidak mencerminkan perilaku sesuai pengamalan nilai-nilai pancasila. Beragam perilaku siswa sekolah yang masih belum sesuai dengan nilai-nilai pancasila sila kelima di lingkungan sekolah salah satunya masih minim pemahaman akan nilai-nilai Pancasila.

Contoh perilaku yang sesuai Pancasila dan dampak yang ditimbulkannya sebagai cerminan perwujudan dalam sila-sila Pancasila:

1.Ketuhanan Yang Maha Esa

Contoh perilaku :

– Rajin beribadah dan berdoa kepada

Tuhan Yang Maha Esa

– Menghormati teman dari agama lain yang sedang beribadah.

 

2.Kemanusiaan yang adil dan beradab

Berikut contohnya:

– Berteman dengan siapa saja tanpa membeda-bedakan

– Tidak menggangu teman yang sedang beribadah

– Tidak bergunjing

– Menghormati Bapak dan Ibu guru.

 

3.Persatuan Indonesia

Contoh perilaku :

– Ikut serta dalam kegiatan masyarakat bersama-sama

 

4.Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan dan perwakilan

Contoh perilaku :

– Bermusyawarah untuk menentukan siapa yang menjadi ketua kelas.

– Menghargai pendapat orang lain.

 

5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

Contoh perilaku :

– Menghormati hak orang lain, suka menabung dan tidak bergaya hidup mewah.

 

IPA : Sikap cahaya pada periskop. 

MERANCANG MODEL PERISKOP

Periskop adalah alat yang berfungsi untuk melihat dan mengamati keadaan di permukaan laut.  Coba perhatikan di bagian atas kapal selam, teman-teman pasti akan melihat alat yang mirip pipa panjang yang dapat diputar 180 derajat (ke segala arah). Alat yang seperti pipa itulah yang disebut periskop. Bagian dalam periskop adalah terdiri dari cermin dan lensa. Periskop yaitu cermin yang terletak di bagian atas yang berfungsi untuk mendapatkan bayangan di tempat yang lebih tinggi. Sesudah bayangan diperoleh bagian cermin atas, maka cermin bagian bawah akan meneruskan bayangan tersebut. Setelah diatur, maka didapatkan bayangan benda yang sesuai dengan keadaan bendanya.

Periskop memanfaatkan salah satu sifat cahaya yaitu … pemantulan cahaya (refleksi cahaya). Pembahasan: Sebuah periskop bekerja berdasarkan prinsip rekleksi cahaya, dengan menggunakan dua cermin datar untuk memantulkan cahaya dari satu tempat ke tempat lain.



Untuk hari ini tugas kalian adalah menjawab pertanyaan dibawah ini !

1. Apa manfaat periskop ?

2. Sifat cahaya apa yang dimanfaatkan pada penggunaan periskop ?

3. Pada periskop terdiri dari 2 cermin yaitu cermin atas dan cermin bawah. 

    Jelaskan fungsi masing-masing cermin tersebut !


Selamat mengerjakan, jangan lupa komentar kalian diblog ini !




.

Terimakasih 

6 komentar:

  1. Assalamualaikum Bu Aini.. Mksh materi nya, Danur hadir y Bu..

    BalasHapus
  2. Assalamualaikum Bu. Gendis hadir Bu dan akan belajar materi hari ini. Terima kasih.

    BalasHapus
  3. Assallamuallaikum bu..terima kasih materi hari ini bu..

    BalasHapus
  4. Assalamualaikum bu..trima kasih materi hari ini bu...

    BalasHapus
  5. Assalamualaikum,terimakasih atas materi hari ini,,Alikha hadir bu..

    BalasHapus
  6. Assallamuallaikum bu trima kasih materi nya bu,,,Hanny Hadir...

    BalasHapus