Jumat, 28 Agustus 2020

Materi Ajar Jum'at 28 Agustus 2020

 Assalamu'alaikum anak sholeh dan sholehah, kita mulai pembelajaran hari ini ya.... semogakalian semua dalam keadaan sehat. Ibu berharap kalian dapat mengirim tugas tepat waktu, agar kalian menjadi anak yang disiplin.

Materi Pembelajaran Tema 2 subtema 1 Pembelajaran 3 dan 4

Jum'at 28 Agustus, 2020
Apa kabar anak sholeh dan sholeha?
Jumpa lagi kita ini di kelas belajar online.

Semangaatt donk yaa untuk terus belajar, sekalipun cuman dipandu lewat blogger dan wasap.

Jangan lupa awali aktivitas pagi ini dengan dhuha dan murojaah.


Selamat belajar....
B.Indonesia
Bacalah teks dibawah ini !

Angin Sebagai Sumber Energi 

Angin termasuk kedalam sumber energi yang dapat diperbarui, artinya angin selalu tersedia dan tidak akan habis digunakan.
Angin terjadi karena peran penting dari energi panas matahari. Saat suatu wilayah memiliki suhu udara yang sangat panas dan di wilyah lain bersuhu dingin, maka udara di daerah panas akan naik dan diisi oleh udara dari wilayah bersuhu dingin, pergerakan udara ini kemudian disebut sebagai angin.
Angin memiliki banyak peranan dalam kehidupan. Pada proses hujan, angin membuat awan-awan bergerak ke berbagai wilayah di atas daratan, sehingga banyak wilayah akan terhindar dari kekeringan.
Angin membantu suhu udara di musim panas menjadi lebih sejuk. Angin juga sangat menyenangkan bagi anak-anak. Angin membuat anak-anak dapat bermain layangan, bermain kincir, atau bermain gelembung sabun yang beterbangan ke berbagai arah karena tiupannya.
Seiring dengan perkembangan teknologi, saat ini angin juga dimanfaatkan sebagai sumber energi listrik.
Kita patut bersyukur pada Tuhan Yang Maha Esa yang telah menciptakan matahari dan angin bagi kehidupan.


IPA
Siti memiliki kincir yang terbuat dari kertas. Ia senang memainkannya.
Kincirnya berputar jika tertiup angin.
Siti belajar membuat kincir angin dari ayahnya. Menurut ayahnya, kincir angin yang sebenarnya bisa digunakan untuk menggerakkan alat penumbuk padi atau gandum. Selain itu, juga bisa digunakan untuk menggerakkan alat untuk memompa air.
Maukah kamu memiliki kincir seperti kepunyaan Siti?
Ayo kita membuat kincir sederhana dari bahan kertas atau plastik!
Ikuti langkah-langkah pembuatannya di bawah ini!


Diskusikan persamaan dan perbedaan kedua kincir tersebut dengan anggota keluargamu dirumah.
Lalu jawablah pertanyaan ini secara lisan!
1. Apa sumber energi kincir angin?
2. Bagaimana kincir angin bisa berputar?
3. Apa manfaat kincir angin dalam kehidupan sehari-hari?

Pkn
Salah satu sumber energi yang banyak digunakan di sekitar kita adalah listrik. Sumber energi listrik digunakan manusia sehari-hari untuk membantu aktivitasnya.
Amatilah gambar berikut.
Listrik merupakan sumber energi yang membantu kita melakukan aktivitas sehari-hari. Dengan adanya energi listrik, kita dapat menyalakan lampu, televisi, radio , setrika listrik dan lain-lain. Kita semua berhak mendapatkan energi listrik. Kewajiban kita adalah menghemat penggunaannya.

Sek dar mematikan lampu saat tidur. Menyalakan barang elektronik hanya ketika kita butuhkan adalah hal sederhana yang bisa kita lakukan untuk menghemat energi listrik. Menggunakan listrik dengan bijak adalah ketika kita menghematnya. Hemat energi listrik artinya kita sudah melaksanakan hak dan kewajiban secara seimbang.

Tugas !
Coba praktekan salah satu hak dan kewajiban kalian menghemat energi dirumah! lalu kirim dalam bentuk video ke whatsapp gurumu !
(Contoh : kewajibanmu yaitu menghemat air dengan mematikan keran setelah menggunakan maka hakmu mendapatkan cukup air atau listrik dll)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar