Selasa, 04 Agustus 2020

Materi matematika

Matematika Kelas 4 SD Pecahan senilai

Selasa, 4 agustus 2020

Assalamu'alaikum hari ini kita akan menentukan pecahan senilai, silahkan baca materi terlebih ! jika belum jelas bisa lihat video penjelasannya yang dibawah ini ! lalu kerjakan soal dengan klik bagian bawah !

Video Penjelasan Pecahan senilai




Menentukan Pecahan Senilai dengan Menggunakan Gambar

Perhatikan gambar berikut.
 
Daerah persegi panjang pada gambar di atas dibagi menjadi beberapa bagian yang sama. Bilangan di bawah masing-masing gambar menunjukkan luas daerah yang diarsir.
Karena luas daerah yang diarsir pada masing-masing gambar tersebut sama, maka pecahan 
bernilai sama, dan disebut pecahan-pecahan senilai.



Menentukan Pecahan Senilai dengan Membagi atau Mengalikan Pembilang dan Penyebut dengan Bilangan yang Sama
Untuk mengetahui hubungan pecahan-pecahan yang senilai, perhatikan uraian berikut.
 

Berdasarkan contoh di atas dapat dikatakan bahwa pecahan yang senilai dapat  diperoleh, jika pembilang dan penyebut dari suatu pecahan dikalikan dengan bilangan yang sama.

Menyederhanakan dengan Metode Membagi
Cara selanjutnya yang dapat anda gunakan dalam menyederhanakan bentuk pecahan ialah dengan cara membaginya terus menerus, dengan menggunakan cara ini anda sudah mempunyai alternatif cadangan yang dapat anda lakukan dalam menyelesaikan yang berkaitan dengan pecahan.
Perlu anda ketahui bahwa teknik ini dapat dilakukan saat membagi pecahan dengan angka yang sama (habis membagi)secara terus-menerus sehingga hasil akhirnya nanti ialah bilangan yang tidak dapat dibagi lagi dengan angka lain, kecuali angka satu.


Contoh Pembahasan
Sederhanakanlah pecahan berikut ini 60/75
Penyelesaian:
Proses pembagian pertama (Bilangan 60 dan 75 dibagi dengan 5)
Proses pembagian kedua (Bilangan 12 dan 15 dibagi 3)
Jadi, bentuk sederhana dari 60/75 adalah 4/5.

Kerjakan Penilaian Harian matematika →→KliK←←


Tidak ada komentar:

Posting Komentar