Rabu, 05 Agustus 2020

Materi Ajar Tgl 5 Agustus 2020

Assalamu'alaikum anak-anakku semua kita lanjutkan lagi pembelajaran hari ini ya. Sudah shlat dhuha semua kan ? Ayo kita mulai.

Subtema 2 :  Kebersamaan dalam Keberagaman
Pembelajaran :  4 (Empat)
Tanggal :  5 Agustus 2020
Link :  https://youtu.be/T2b2qzkkKgg

Bahasa Indonesia
Indikator:
3.2.1 Mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung
4.2.1 Menulis gagasan pokok dan gagasan pendukung dari teks yang dibaca

Menemukan gagasan pokok dan pendukung dari teks
Banyak faktor yang bisa mempengaruhi tingginya kolesterol di dalam tubuh. Sebagai pemicunya adalah banyaknya lemak yang kita konsumsi salah satunya adalah dari minyak goreng. Kolestrol yang menumpuk ini akam meyumbat aliran darah kita sehingga akan menggangu kerja jantung untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Sehingga akan menyebabkan penyumbatan darah. Dengan demikian, kolesterol merupakan penyebab utama penyakit jantung koroner.

Paragraf di atas membicarakan tentang Bahaya kolesterol bagi tubuh. kalimat pertama, hingga kalimat keempat merupakan kalimat penjelas. Pada kalimat pertama penulis mengajukan sebuah fakta dan di djelaskan oleh kalimat-kalimat selanjutnya. kemudian di bagian akhir penjelasan-penjelasan tersebut dirangkum dalam satu kaliamt di kalimat terakhir dicirikan dengan adanya kata “Dengan demikian”

Berdasarkan penjelasan dan contoh di atas, kalimat utama dari paragraf tersebut terletak di akhir paragraf sehingga paragraf ini disebut dengan paragraf Indukif.

Gagasan pokok : Dengan demikian, kolesterol merupakan penyebab utama penyakit jantung koroner.
Gagasan pendukung :ada pada kalimat 1 hingga kalimat 4.


PPKn
Indikator:
3.4.5 Menjelaskan bentuk- bentuk kerjasama dalam keberagaman.
4.4.5 Mempresentasikan contoh-contoh kerjasama dalam keberagaman masyarakat Indonesia (kerja bakti, siskamling, gotongroyong, dll)

Mendiskusikan pentingnya kerjasama dalam keberagaman

Manfaat kerjasama dalam keberagaman adalah MEMUPUK PERSATUAN DAN KESATUAN, MENINGKATKAN EFISIENSI KERJA, HINGGA MENGOPTIMALKAN HASIL YANG DIPEROLEH. 

Pembahasan
Kerjasama adalah suatu kegiatan yang dilakukan  oleh dua orang atau lebih untuk melakukan suatu tindakan secara bersama-sama. Kerjasama merupakan salah satu tindakan yang mulia karena mampu menyingkirkan untuk sementara segala perbedaan yang ada semata-mata untuk bekerja utnuk mencapai kesejahteraan bersama.

Salah satu kendala yang kerap dialami ketika bekerja sama adalah keberagaman. Keberagaman atau perbedaan dapat menghalangi kerja sama karena masing-masing pihak yang terlibat. Namun, jika dapat dilakukan dengan baik kerjasama dalam keberagaman mampu mendatangkan manfaat bagi seluruh pihak yang terlibat yakni memupuk persatuan dan kesatuan, meningkatkan efisiensi kerja, hingga mengoptimalkan hasil yang diperoleh melalui eksekusi kegiatan tersebut. hal inilah yang kemudian mendorong rekomendasi bagi kita semua untuk saling bekerjasama meski kita beragam.


MANFAAT KERJASAMA
1. Memperkuat persatuan.
2. Mempererat tali persaudaraan.
3. Agar tercipta kerukunan antar umat beragama dan saling menjaga keberbedaan.
4. Saling mendukung,dan hidup bersama sama tanpa membeda bedakan.

Latihan
1. Paragraf yang kalimat utamanya terletak diakhir paragraf disebut paragraf….
2. Pemicu banyaknya lemak yang kita konsumsi adalah berasal dari…
3. Dari teks di atas kolesterol adalah penyebab penyakit…
4. Apakah yang dimaksud dengan kerjasama ?
5. Apakah manfaat dari kerjasama?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar